Saturday, 25 November 2017 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Artikel » Kalsium & Osteoporoses » Kalsium & Osteoporoses

Kalsium & Osteoporoses

3 October , 2014 , Category : Artikel, Kalsium & Osteoporoses
Marine Organic Calcium

Kalsium Manfaat dan Fungsi Kalsium Untuk Kesehatan Tubuh

Kalsium  Manfaat dan Fungsi Kalsium Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kalsium Untuk Kesehatan Tubuh – Didalam tubuh kita jumlah kalsium lebih banyak jika dibandingkan dengan mineral lainya. dari semua kalsium yang ada didalam tubuh manusia 99% kalsium ini terdapat didalam terdapat ditulang dan gigi yang merupakan jaringan keras, dan sisanya yang 1% terdapat didalam jaringan lunak dan ada didalam darah. Kalsium merupakan salah satu logam alkhali tanah, namun kalsium lebih sering ditulis dengan  Ca sebenarnya ca ini merupakan simbol dari kalsium.

kalsium ini dibutuhkan oleh tubuh sejak dini, namun banyak orang tua yang tidak tau tentang hal ini sehingga sering kali anak-anak tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup padahal kalsium ini memiliki peranan penting untuk pertumbuhan tulang,gigi dan otak begitu pentingnya kalsium untuk tubuh kita dokter sangat menganjurkan ibu-ibu untuk selalu minum susu kehamilan selama masa hamilnya.

Ilustrasi Sumber Kalsium

Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium didalam tubuh kita, tubuh akan mengambilnya dari makanan yang kita makan sehari-hari dan jika makanan yang kita makan tidak mengandung kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita maka tubuh akan mengambil kalsium yang ada ditulang kita, sehingga tulang bisa dikatakan sebagai cadangan kalsium tubuh. dan jika ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang maka bisa jadi  kita akan menderita penyakit osteoporosis dihari tu nanti. karena itulah kita harus makan makanan banyak mengandung kalsium agar tubuh tidak mengambil kalsium dari tulang kita seperti :

Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium :

  • Susu, keju dan makanan lain yang banyak mengandung susu
  • sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kubis dan okra dan sawi
  • kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang putih dan kacang almond
  • roti dan apa pun yang dibuat dengan tepung
  • ikan salmon, ikan sardin, dan daging

Jika anak anda termasuk anak yang susah makan sayuran seperti anak-anak pada umumnya anda bisa memberikan suplemen yang banyak dijual dipasaran dan yang paling penting berilah susu setiap pagi untuk anak anda agar anak anda bisa tumbuh besar dengan sehat.

Kalsium juga mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting yaitu untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat mengatur kontraksi otot, termasuk detak jantung Diperkirakan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap kanker usus besar dan payudara, walaupun bukti lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini. namun tak hanya itu kalsium juga mempunyai manfaat lain untuk tubuh antara lain yaitu:

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh:

  • Melancarkan peredaran darah
  • Melenturkan otot
  • Menormalkan tekanan darah
  • Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
  • Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
  • Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
  • Menurunkan risiko kanker usus
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Itulah beberapa manfaat kalsium untuk tubuh kita, sangat penting bukan untuk kesehatan kita. oleh karena itu makan lah makanan yang sehat dan bergizi. saat orang kekurangan kalsium bisa kita lihat dari tingkahnya yaitu seperti lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, kram, dan sebagainya.
Jumlah asupan kalsium yang disarankan, Asupan kalsium yang dibutuhkan setiap orang bergantung pada usia orang tersebut. Berikut adalah tabel rata-rata asupan kalsium yang disarankan per hari:

 

Usia       Rekomendasi asupan (mg)

  • 0 – 6 bulan    200 mg
  • Bayi 7 – 12 bulan    260 mg
  • Anak 1 – 3 tahun    700 mg
  • Anak 4 – 8 tahun    1.000 mg
  • Anak 9 – 13 tahun    1.300 mg
  • Remaja 14 – 18 tahun    1.300 mg
  • Dewasa 19 – 50 tahun    1.000 mg
  • Dewasa 51 – 70 tahun (pria)    1.000 mg
  • Dewasa 51 – 70 tahun (wanita)    1.200 mg
  • Dewasa 71 tahun ke atas    1.200 mg
  • Remaja hamil dan menyusui    1.300 mg
  • Dewasa hamil dan menyusui    1.000 mg

Pengertian Osteoporosis  adalah  penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan risiko patah tulang (WHO 1994).
Gejala osteoporosis sering diabaikan oleh pasien karena tidak ada gejala spesifik. Gejala dapat berupa nyeri pada tulang dan otot, terutama sering terjadi pada punggung.
Patah tulang yang paling umum terjadi di bagian pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Terjadinya patah tulang ini meningkat seiring meningkatnya usia baik pada wanita maupun pria.
Patah tulang belakang dapat berimbas pada beberapa konsekuensi yang cukup serius, antara lain: menurunnya tinggi badan, rasa sakit pada punggung yang menyiksa, dan berubahnya bentuk tulang. Sedangkan patah tulang pinggul, terkadang dibutuhkan operasi lebih lanjut untuk penanganannya.
Kabar baiknya, sekarang ini osteoporosis dapat ditangani dengan kombinasi solusi yang tepat! Penggabungan antara perubahan pola hidup dan pengobatan yang tepat akan menghindarkan Anda dari resiko patah tulang.

Osteoporosis terjadi bila hilangnya massa tulang lebih besar daripada produksinya. Beberapa penyebab Osteoporosis:

Osteoporosis postmenopausal

Terjadi karena turunnya kadar estrogen, hormon utama pada wanita yang menyebabkan osteoklas ( sel perusak tulang) menjadi lebih aktif dan pembentukan tulang menurun sehingga hilangnya massa tulang berlangsung dengan cepat. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia di antara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Tidak semua wanita memiliki resiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal, wanita kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam.

Osteoporosis senilis

Merupakan akibat dari kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan diantara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita. Wanita seringkali menderita osteoporosis senilis dan postmenopausal.

Osteoporosis sekunder

Dialami kurang dari 5% penderita osteoporosis, yang disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal (terutama tiroid, paratiroid dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan). Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan ini.

Osteoporosis juvenil idiopatik

Merupakan jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. Hal ini terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal, kadar vitamin yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang

Penyakit  osteoporosis

Gejala penyakit tulang osteoporosis tidak akan terlihat oleh kasat mata. Osteoporosis merupakan penyakit diam atau silent disease. Penyakit ini tidak menunjukkan gejala apapun ditahap awalnya. Beberapa ahli juga menyebutkan osteoporosis merupakan salah satu ppencuri diam-diam atau silent thief yang mencuri massa tulang kita sedikit demi sedikir tanpa pernah kita sadari. Selain tidak membuat tulang berderak, kehilangan tulang tidak membuat sendi Anda nyeri atau bengkak. Osteoporosis biasanya sidah dalam tahap lanjut ketika gejala muncul, ketika penyakit ini telah mematahkan tulang atau fraktur dan bisa menimbulkan deformitas, rasa nyeri dan gangguan fungsinya.
Gejala penyakit tulang osteoporosis biasanya ditunjukkan dengan kerapuhan tulang yang memudahkan terjadinya fraktur stress, yakni fraktur yang muncul dari tekanan pada tulang sewaktu melakukan kegiatan normal. Misalnya fraktur stress dapat terjadi pada kaki sewaktu berjalan atau melangkah turun dari tanjakan. Fraktur ini tidak luput sampai bertahun-tahun kemudian.
Gejala penyakit tulang osteoporosis tidak menimbulkan rasa nyeri karena pengeroposan tulang yang terjadi tampa menimbulkan sensasi apapun. Namun, tulang yang keropos oleh osteoporosis dan kemudian patah bisa menyebabkan rasa nyeri.
Penyebab osteoporosis paling umum dari nyeri osteoporosis adalah fraktur kompresi tulang belakang. Rasa nyeri yang ada di punggung terjadi secara tiba-tiba, biasanya seteah aktivitas rutin yang meregang atau menekan pungggung. Nyeri biasanya memancar ke sekeliling punggung di kedua sis tubuh, yang memburuk ketika berdiri atau berjalan. Rasa nyeri juga terasa saat berbaring dan memutar atau menekuk punggung.
Gejala penyakit tulang osteoporosis dengan rasa nyeri yang terjadi dan muncul akan bertahap menghilang seiring dengan proses  penyembuhan fraktur, yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan. Namun pada sebagian orang nyeri osteoporosis berlanjut menjadi kronis.

Pilih Obat  osteoporosis  atau Suplemen !

 

CNI MARINE ORGANIC CALCIUM

Tulang keropos..? Amit-amit deh! Badan bungkuk, mudah patah tulang, dan segudang masalah lainnya. Makanya jangan sampai kekurangan kalsium. Bantu asupannya dalam tubuh Anda dengan suplemen kalsium dari bahan alami sehingga aman di konsumsi! CNI Marine Organic Calcium mengandung 74 unsur mineral yang sangat diperlukan tubuh, dengan kandungan kalsium 200mg/tablet.
Dikombinasikan dengan 100 IU vitamin D3, bermanfaat   untuk membantu  penyerapan kalsium dalam tubuh akan semakin mudah!
Osteoporosis seringkali datang tanpa disadari, dan umumnya mengincar kaum wanita sebagai korbannya. Menurut data dari Puslitbang Gizi Depkes RI tahun 2002, 1 dari 3 wanita di Indonesia menderita osteoporosis. Seram memang, tapi bukan mustahil untuk dihindari.

Mengapa Wanita ?

Hamil dan menyusui adalah satu penyebab osteoporosis lebih besar terjadi pada wanita. Pada saat itu, kebutuhan kalsium ibu meningkat, juga sang bayi saat dalam kandungan maupun saat menyusui. Wanita yang kurang memperhatikan asupan kalsium saat hamil dan menyusui mempunyai kecenderungan terhadap osteoporosis.

Penyebab lainnya adalah perubahan hormonal saat wanita menstruasi dan menopause. Hormon estrogen yang membantu penyerapan kalsium, menurun drastis. Pria, walaupun terjadi perubahan hormon, dialami saat usia yang lebih tua, yaitu 60-70 tahun, sedangkan masa menopause wanita antara 45-55 tahun. Di samping itu, secara umum massa tulang wanita lebih rendah dibanding pria.

Tanda-Tanda osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan sering disebut silent disease. Dia seringkali datang tanpa disadari. Penderita umumnya baru menyadari ketika terjadi patah tulang atau berubahnya posisi punggung hingga mengakibatkan postur tubuh jadi membungkuk.

Faktor Risiko Osteoporosis

Untuk mencegah dan menghindari osteoporosis, kita bisa melakukan deteksi dini. Berusahalah untuk selalu bergaya hidup sehat. Hindari alkohol, rokok dan segala makanan/minuman yang memiliki kafein tinggi. Osteoporosis tidak terjadi begitu saja, namun merupakan akibat dari perjalanan hidup dan kebiasaan kita bertahun-tahun yang baru akan terlihat dampaknya pada saat kita menginjak usia 45 tahun ke atas. Karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga asupan kalsium sesuai kebutuhan tubuh. Mengonsumsi kalsium sejak dini secara teratur ibarat menabung di bank, karena tulang tidak akan kekurangan bahan baku pembentuknya hingga susunan tulang menjadai padat. Dengan kondisi demikian, risiko osteoporosis dapat diperkecil.

Sumber Kalsium

Makanan sumber kalsium sangat beragam. Keju, susu, brokoli, bayam, ikan teri adalah sumber kalsium. Namun karena kebutuhan kalsium tubuh 1000 mg setiap hari, kita perlu menambah asupan kalsium dari suplemen makanan.

Tabel. Makanan sumber kalsium

Makanan    Kalsium (mg)
Yogurt, plain low fat, 226 g    415
Keju cheddar parut, 43 g    306
Susu, non fat 250 ml    302
Bayam masak, 113 g    120
Kailan masak, 226 g    94
Brokoli mentah, 113    21
CNI Marine Organic Calcium

Merupakan suplemen makanan yang mengandung 74 unsur mineral alami, seperti kalsium dan magnesium, yang sangat diperlukan tubuh. Berbahan dasar karang laut (sango coral) dari perairan di kepulauan Okinawa Jepang. Setiap tablet CNI Marine Organic Calcium mengandung 200 mg kalsium dan 100 IU vitamin D3.

Manfaat CNI Marine Organic Calcium:

1. Meningkatkan densitas tulang dan mencegah osteoporosis.
2. Membantu proses pembekuan darah dan pemeliharaan membran sel.
3. Membantu mengatasi osteoarthritis.
4. Membantu metabolisme tubuh.

Anjuran konsumsi:

- Pencegahan osteoporosis: 3 x 1 tablet sehari
- Kondisi osteoporosis : 3 x 2 tablet sehari
- Ibu hamil, menyusui, usia lanjut serta menopause: 3 x 2 tablet sehari
- Anak-anak : 2 x 1 tablet sehari

Tersedia dalam kemasan:

  • Botol: 40 tablet
  • Boks: 40 tablet

Penelitian Coral Calcium:

- Penelitian pengaruh coral calcium terhadap efektifitas metabolisme tulang dan perbaikan kekuatan tulang ini telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Ryuku pada tahun 2004 membuktikan bahwa coral calcium mampu meningkatkan densitas tulang dan mencegah osteoporosis.

Jadi, pastikan CNI Marine Organic Calcium menjadi asupan rutin Anda setiap hari agar Anda dapat menikmati hidup dengan tulang yang kuat.

Yang membuktikannya:

“Awalnya saya merasa yakin dengan kesehatan tulang saya. Di usia 37 tahun, tidak mungkin terserang osteoporosis. Apalagi saya tidak pernah merasakan keluhan apa pun pada tulang. Setelah mengetahui banyak hal mengenai osteoporosis dari seminar kesehatan, saya pun tersadar.
Osteoporosis ternyata dapat menyerang segala usia dan tiada gejala apa pun di awalnya, makanya disebut the silent disease. Saya menjadi buktinya! Ketika memeriksakan kepadatan tulang dengan alat bone densito meter, saya dinyatakan mengalami osteopenia (gejala awal osteoporosis). Mengetahui keadaan tersebut, saya mengongsumsi CNI Marine Organic Calcium 4 tablet sehari secara rutin. Pada pemeriksaan berikutnya kondisi kepadatan tulang saya menunjukkan perbaikan yang signifikan. Kini saya lebih optimis akan melewati hidup dengan tulang yang kuat”. (Septiana Dwiputranti F, Blitar)

>>> Pesan sekarang<<<<

 

Hot Dark

17 September , 2015 , Kategori : Uncategorized
Hot Dark

Manfaat Coklat Berat/isi : 15 sachet x 25 g UP HOT DARK CHOCOLATE Anda selalu bad mood? Sebaiknya hindari hal ini. Mood adalah suasana hati seseorang di saat tertentu yang sangat mempengaruhi kesuksesan. Orang yang memiliki good mood (suasana... baca selengkapnya

Cara Mendapatkan Profit 10-15%

17 September , 2015 , Kategori : Uncategorized
Cara Mendapatkan Profit 10-15%

Daftar Keanggotaan CNI Kami memberikan tawaran yang menarik untuk Anda yang bergabung bersama CNI. Sebagai anggota CNI, Anda dapat menikmati beberapa benefit seperti diskon produk, berbagai jenis komisi, promo menarik, layanan siap antar (Delivery Service), Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK),... baca selengkapnya

vSun Chlorella Nutrisi

17 September , 2015 , Kategori : Video
vSun Chlorella Nutrisi

10 Alasan Mengonsumsi Sun Chlorella   Mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi untuk mencegah penyakit. Memiliki segala manfaat dan kebaikan sayur-sayuran. Mengandung protein dan asam nukleat yang merangsang peremajaan sel. Kandungan klorofilnya yang... baca selengkapnya

Gagal Ginjal

22 February , 2015 , Kategori : Artikel
Gagal Ginjal

Gagal Ginjal Kronis Pembunuh Perlahan, Wakasa Solusinya! Ginjal merupakan salah satu bagian organ tubuh dalam yang berfungsi dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Ginjal membuang sisa metabolism dan menyesuaikan ekskresi air dan pelarut. Ginjal mengatur cairan tubuh,... baca selengkapnya

Arthritis

31 January , 2015 , Kategori : Arthritis, Artikel
Arthritis

Bagaimana Cara Mengatasi Arthritis Sebelum Timbul Gejalanya Arthritis dengan nama lain peradangan sendi sering disebut sebagai penyakit yang digandrungi oleh orang tua saja, padahal tanpa disadari seseorang dengan usia muda juga dapat terkena Athritis jika memiliki faktor pemicu Arthritis... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
  • Tri Winarni Blitar
    Sun Chlorella Meyembuhkan luka Saat anak saya lagi membersihkan saluran got yang kotor dan »
  • Iche Indrawati, 41 tahun -Jakarta.
    Iche telah mengonsumsi Well 3 Royalzim selama 3 bulan. Iche mendapatkan haid dalam kurun wa »
  • Narunda Mahridianto, 38 tahun - Surabaya
    Narunda sudah mengidap penyakit psoriasis tipe guttate sejak tahun 1999. Berbagai macam obat untuk al »
  • Asep Aziis, Desain Grafis, Jakarta
    CNI Ginseng Coffee teman begadang yang penuh manfaat Kira-kira tahun 2003-an, waktu main »
  • Ny Upik Muh Amin, Jakarta
    Rambut Tetap Segar Kewajiban memakai jilbab bagi umat muslim, akan semakin nyaman jika me »
* klik gambar produk

Jangan lihat Video

Backlink Gratis

Instagram

Banner ID 160x600 Dropship Engine 160x600 Banner 160x600 pxl

You might also likeclose
Hotline : 021-8852868 SMS Center : 081287523856 BB Messenger : 53BC43E7 boicemerlang@gmail.com